Kamis, 12 Mei 2011

ICAL

Entah kenapa saya sedang senang menulis tentang kata-kata dan istilah dalam basa Sunda. Bahasa ini saya gunakan sehari-hari. Saya terlanjur jatuh cinta pada budaya yang sudah mempengaruhi hidup saya semenjak lahir, termasuk basa dan keseniannya. Walau demikian, saya tetap bangga sebagai orang Indonesia asli yang terlahir dari kultur berbeda :))

Kali ini saya mengangakat kata ICAL.
Secara harfiah, ICAL dalam basa Sunda yang diartikan dalam bahasa Indonesia adalah HILANG. Tetapi bila kata ini diberi awalan -di, maka menjadi DIICAL artinya bukan dihilang, tetapi DIJUAL.
Nah bila kata ICAL diberi akhiran -an, maka menjadi ICALAN. Artinya bukan hilangan, tetapi JUALAN.

Basa Sunda keren ya?!
dari satu kata saja bila diberi imbuhan akan mempunyai arti tersendiri. Tidak seperti Bahasa Indonesia yang lebih mudah dari Basa Sunda.
saya beri contoh satu kata yang diberi imbuhan: TULIS
Bila diberi awalan di-, maka menjadi ditulis.
Bila diberi akhiran -an, maka menjadi tulisan.
Ketiga kata ini mempunyai arti yang tidak jauh berbeda, bahkan ditulis dengan tulisan mempunyai arti yang sama.

Maka tak ada alasan untuk mengatakan Bandung adalah KOTA BUDAYA :))
dan saya sangat mencintai kota ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar