Sabtu, 04 Juni 2011

Tentang Mengeluh

Membicarakan masalah kekurangan dan kelebihan adalah membahas materi PKn kelas 3 SD tentang Harga Diri.
Harga diri adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri, melalui sikap terhadap dirinya sendiri, sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.

Orang yang mempunyai harga diri dapat dilihat dari caranya bertutur dan berlaku. Selalu jujur, bertanggung jawab, disiplin, tidak iri melihat keberhasilan orang lain. Justru ia akan ikut senang dan mengakui kelebihan orang lain, tidak lantas menyalahkan kekurangan diri sendiri atau orang lain. Tidak mengeluh akan kesulitan yang dihadapi.

Menyangkut masalah keluh mengeluh...tentu selalu saja ada. Manusia normal selalu mengalahkan 2 hal dalam hidupnya baik dan buruk. Positif dan negatif. Manusia hidup di antara setan dan Tuhan. Dan mengeluh, adalah hasil karya setan untuk melemahkan iman manusia.

Mengeluh merupakan salah satu penyakit hati yang seharusnya tidak kita umbar. Semua kegiatan yang kita lakukan harus ada bayarannya. Semua yang kita lakukan membutuhkan tenaga dan pikiran yang membuat badan menjadi lelah. Tak ada kerja yang tak cape, bahkan tidurpun akan terasa cape. Jadi tak perlulah kita mengeluh. Setiap perjuangan membutuhkan pengorbanan.

Justru seharusnya kita bersyukur masih mampu melakukan kegiatan yang memang harus kita kerjakan. Kalau merasa tidak kuat sebaiknya beristirahat cukup, makan cukup dan memohon Allah tetap memberi kekuatan dan kesehatan.

Lalu meyangkut persoalan yang kita pilih, tentu ada kekurangan dan kelebihannya pula. Termasuk soal pasangan. Sesuatu yang baik untuk kita belum tentu baik di mata Allah, dan yang baik dari Allah untuk kita belum tentu kita sukai. Kekurangan yang ada pada pasangan lebih baik nggak usah dibicarakan pada orang lain. Bicarakan saja dengan pasangan, karena mungkin saja dia akan memperbaiki diri dan lebih menghormati kita daripada mengeluh atas apa yang ada pada dirinya.

Bersabar dan bersyukur merupakan kunci menjauhkan diri agar kita tidak mudah mengeluh. Bersabar dan bersyukur salah satu ciri orang yang mempunyai harga diri.

Mari jadikan diri kita berharga tidak hanya di hadapan pasangan atau manusia lain, tetapi juga di hadapan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar