Jumat, 23 September 2011

Dengan Deadline

Kalau selama 12 tahun saya bekerja tanpa deadline, memasuki tahun ini saya mulai berkenalan dengan yang namanya deadline. Mungkin ini bagus buat saya yang “terlalu” santai dalam bekerja. Walau kenyataannya sulit mencari waktu luang sekedar posting tulisan diblog atau lagi-lagi membatalkan janji bertemu teman untuk bersenang-senang.

Memasuki awal tahun ini, seorang teman menawari saya proyek membuat storyboard. Tanpa banyak pikir saya terima proyek ini yang katanya harus selesai dalam waktu 7 hari. Waktu itu dengan pekerjaan saya yang santai saya mengira dapat menyelesaikannya kurang dari tenggat waktu. Tapi kenyataan berkata lain. Macca (Dell tua saya) ngadat. Mungkin dia terlalu lama bekerja. Terlalu bosan menemani saya yang lagi-lagi menggelitik keyboard tuanya yang sudah tidak mudah untuk ditekan. Atau mungkin dia minta di up grade. Entahlah, yang pasti situasi ini membuat saya kacau.

Tidak itu saja, Macca yang masih menggunakan Pentium 3 dengan windows 2003, sedangkan data yang ada dalam flash disk saya sudah menggunakan windows terbaru. Macca kesulitan membaca data. Waktu bergerak maju. Akhirnya saya harus begadang menyelesaikan proyek ini dengan segala keterbatasan padahal saya tidak pernah menunda waktu tidur. Jam malam saya hanya sampai pukul 21.00. Kali ini pengecualian.

Bayaran dari proyek ini sangat besar, selain dari segi finansial, saya juga dapat merasakan bagaimana dikejar deadline seperti yang dikeluhkan banyak pekerja kantoran. Ternyata bekerja dengan tenggat waktu menimbulkan tingkat stress yang lebih tinggi, membutuhkan tanggung jawab dan kepercayaan luar biasa. Terima kasih teman, proyek ini memberi pelajaran yang sangat berarti untuk saya.

18.09.2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar