Minggu, 06 September 2009

Adilkah Tuhan

ADILKAH TUHAN?


Tuhan beri aku perih
di hidup yang harus aku jalani
Tuhan beri aku rumit
di roman yang harus aku lewati
Tuhan beri aku tanya
yang tak pernah aku bisa terka
Tuhan sudah beri aku jawab
walau sampai saat ini
belum juga aku temukan
Tuhan sudah beri aku jalan
hanya pintu hatiku
yang belum terbuka
Jadi sebenarnya aku tak perlu bertanya
adilkah Tuhan?

August 23, 2009

Allah itu MahaAdil
Al Adl adalah nama Allah ke 29 dalam urutan asmaul husna (nama-nama Allah yang baik).
Jadi kita sebagai manusia tak perlu bertanya lagi "Mengapa Allah tak adil padaku?"
Setiap yang Allah ciptakan tidak pernah ada yang sia-sia.
Setiap yang Allah rencanakan selalu ada hal positif untuk manusia.
Allah menciptakan manusia bukan untuk menyiksanya, tapi untuk beribadah kepada Allah dengan bekal seluruh alam ini beserta isinya.
Dalam Quran surat al Isra ayat 70, manusia adalah mkhluk yang mulia dan paling diistimewakan oleh Allah. Kasih Allah tidak pandang bulu. Bukankah bekal untuk manusia itu seluruh alam dan isinya? Seluruhnya untuk kebahgiaan dan kesejahteraan manusia. Kalau ada yang menderita atau merasa takdir Allah tak adil bagi hidupnya itu adalah cara Allah menyayangi manusia. Allah memberi ujian kepada manusia.
Ujian Allah bisa bermacam-macam. Ujian penderitaan dan ujian kesenangan. Setiap orang pasti mengalami ujian hidup. Dari ujian itulah akan terlihat manusia yang kuat dan yang lemah. Manusia yang bersyukur dan yang kufur. Semua harus disikapi dengan sabar dan bertawakal kepada Allah agar kita menjadi orang yang takwa.
Harta kekayaan, kemiskinan, kemasyuran, penderitaan, suka, duka, kebahagiaan, penderitaan, tawa, tangis, sehat, sakit, berpasangan, sendiri, keturunan, kepintaran…semua itu adalah ujian Allah yang harus disyukuri dan dijadikan jalan untuk lebih mendekatkan diri padaNya.
Allah menjadikan seseorang miskin, karena dalam kemiskinannya orang itu rajin beribadah. Allah tidak membuatnya kaya karena mungkin saja saat dia menjadi kaya dia menjadi sombong dan lupa kepada Allah,
Allah menjadikan seseorang terkenal karena Allah tahu dalam keterkenalannya itu dia dapat bermanfaaat untuk orang lain, dapat mempengaruhi orang lain untuk berbuat baik, sama-sama mengingat Allah dan mendekatkan diri padaNya.
Allah itu Al Adl, Mahaadil, hanya sifat umum manusia saja yang membuatnya ingkar dan tidak berterima kasih kepada Allah yang menyebabkan dia merasa Allah tidak adil padanya.
Allah itu Maha Adil karena selalu ada petunjuk dan nikmat yang Allah berikan pada manusia. Seperti yang Allah janjikan dalam Quran surat Ibrahim ayat 7 bahwa Setiap nikmat dan kebahagiaan yang disyukuri akan ditambah kenikmatan dan kebahagiaan lagi.
Janji Allah adalah adalah tepat. Tetapi hanya sedikit orang-orang yang bersyukur. Jadi jangan tanyakan ADILKAH TUHAN?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar