Selasa, 08 September 2009

Bacalah

BACALAH, UNTUK MEMPEROLEH ILMU YANG LEBIH BANYAK, dan
BELAJARLAH MENULIS AGAR KAMU DAPAT MEMBUAT ORANG LAIN MENJADI PANDAI

Aku terinspirasi sama sahabatku tercinta yang kemarin ngasi kutipannya:
MENULISLAH, DAN JANGAN BUNUH DIRI. (Theoresia Rumthe)

Aku suka sekali menulis, terutama menulis soal untuk murid-muridku tercinta 
Aku pikir menulis itu akan membuat orang lain pandai, dan seorang teman kecilku mengomentari apa yang aku dan sahabatku katakan MENULISLAH UNTUK MEMBUAT ORANG LAIN BUNUH DIRI! Katanya 
Aku tertawa karena dia berpikir sederhana tapi mengena. Apa yang kita tulis bisa jadi apa saja buat orang lain. Kita jangan menulis untuk mendorong orang lain berbuat dosa!
Tapi dari semua itu aku bersyukur tersadarkan di bulan suci ini. Aku pikir Allah menyentilku lewat sahabatku untuk kembali ingat bahwa ayat pertama AlQuran adalah surat Al Alaq ayat 1 – 5 tentang MEMBACA dan MENULIS.

Iqro bismirobbikalladzii kholaq
Bacalah, dengan nama Tuhanmu yang menciptakan

Kholaqol insaana min ‘alaq
Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah

Iqro warobbukal akrom
Bacalah, dan Tuhanmu Maha Mulia

Alladzii ‘allama bilqolam
Yang mengajarkan (manusia) dengan pena

‘Allamal insaana maalam ya’lam
Dia yang mengajarkan kepada manusia semua yang tidak diketahuinya

Maha benar Allah dengan segala firmanNya.

Bahkan perintah membaca ini diulang Malaikat Jibril sampai 3 kali kepada Nabi Muhammad saw. Betapa pentingnya arti membaca sampai Allah menyuruh mengulang sampai 3 kali. Allahu Akbar. Mudahnya adalah, Surga merindukan orang yang membaca AlQuran. Mengapa? membaca satu huruf AlQuran berarti menanam 1 kebaikan. Dan Allah mengganjar 1 kebaikan dengan 10 kali lipat pahala. Membaca AlQuran tidak mungkin satu ayat, dari bacaan basmallah saja sudah 19 huruf yang terangkai di sana. Berarti itu sudah 190 pahala. Belum lagi walau membaca satu ayat…ada beberapa huruf di sana. Subhanallah…membaca AlQuran itu mudah dan berpahala apalagi kalau langsung diamalkan. Itu membaca AlQuran, Surga ganjarannya.

Membaca Koran…ada banyak berita tersaji di sana, tentu itu menambah wawasan kita. Teknologi informasi semakin mempermudah manusia untuk membaca, contohnya anda sedang membaca tulisanku ini.
Apapun yang kita baca akan menambah wawasan kita, semakin banyak membaca, kita akan tersadarkan bahwa ilmu yang kita miliki masih kurang. Apa yang kita tahu saat ini hanya sebagian kecil saja dari ilmu yang ada di alam ini. Ilmu yang Allah miliki sangat luas.

Setelah kita banyak membaca, selanjutnya adalah belajar menulis. Kita bisa menulis apa saja yang bisa dijadikan referensi untuk orang lain. Lebih baik menulis hal2 bermanfaat agar berguna tidak hanya bagi diri kita sendiri tapi bagi orang lain juga. Seperti halnya membaca, menulis bisa lewat apa saja. Kertas, komputer, dan banyak lagi. Karena Allah memfasilitasi segalanya.

Jadi sahabatku BACALAH, untuk memperoleh ilmu yang lebih banyak, dan BELAJARLAH MENULIS agar kamu dapat membuat orang lain menjadi pandai.
Jangan menyuruh orang menulis hanya untuk mencegah orang bunuh diri 
Mari kita membaca lalu menulis atas nama Allah dan semata-mata untuk mencari ridhoNya. Amiin.


08 09 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar