Kamis, 30 September 2010

Utang


“Nelangsa gitu…kenapa, Del?” tanya Ilham. Yah…dia yang selama ini jadi tempat curhat gua. Halah…curhat. Beuh…menjijikkan.

“Vera mutusin gua, Ham!”

“Fadel….Fadel. diputusin cewek aja begitu nelangsanya, kagak ada semangat hidup. Diputusin cewek mah, nyari cewek lain dong!”

“Lo gak ngerti sih, Ham. Gua cinta mati sama Vera!”

“Yah…lo salah lagi. Lo gak pernah cinta mati sama Tuhan, pantesan lo nelangsa mulu!” nah…nah…apa Ilham mulai lagi. Dia sok tau banget. Sok alim, tapi suka banyak benernya. Apa gua yang salah mulu, ya?

“Tuhan gak asik ah….Dia gak ngasi banyak ke gua. Malah banyak ngasi penderitaan.’

“Yaelaaaahh…Del, lo kata Tuhan gak asik? Apa pernah lo kenal Tuhan? Deket aja lo kagak pernah. Eh, Del…lo tau kalau hidup itu cuma ada dua pilihan, menderita dan menikmati, lo mau pilih yang mana itu terserah sama keputusan lo!”

“Jadi kalau gua menderita, gua musti menikmati penderitaan itu? Ogah gua!”

“Mhhh…lo tau Del, kadang kita gak nyadar kalau hidup kita lebih berarti pada saat kita menderita karena bisa lebih dekat sama Tuhan.” laganya…mau jadi pendeta apa ustadz ni anak, heran gua.

“Del, coba lo inget lagi, apa pernah lo inget Tuhan waktu lo ketawa-ketawa cekakan, ngumpul sama temen-temen lo? Boro-boro inget Tuhan, yang ada botol bir lo cekek, alkohol lo tenggak, malah lo sering jual harga diri lo di antara selangkangan yang bukan pasangan syah lo. Pantesan aja Vera ninggalin lo!”

Edan! Kata-kata yang barusan aku dengar menamparku keras. Iya, gua sering jajan di luar, gua khianati cinta Vera, hanya karena Vera gak pernah mau gua ajak tidur bareng. Saat Vera mutusin gua…gua sendiri yang jadi gak punya semangat hidup. Gua yang beruntung punya Ilham atau Tuhan mulai merhatiin gua, ya?

“Del, justru ujian paling berat buat manusia itu adalah ujian kesenangan. Saat lo ada di atas, saat banyak orang yang menyanjung dan mengagumi lo, di saat kejayaan sedang mesra-mesranya sama hidup lo…lo akan semakin jauh sama Tuhan karena semua kesenangan dan kemudahan itu. Harusnya lo bersyukur Vera mutusin lo, jadi lo bisa ngaca, bisa ngeliat lagi apa yang udah lo lakukan. Gua gak niat nyeramahin lo. Ini spontan keluar karena gua gak mau liat lo seperti itu.”

“Thanks pal! Gua utang banyak sama lo. Gua baru nyadar kalo selama ini gua banyak nyia-nyiain waktu hidup gua!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar